Giant Talon Si Racun

Tahu bedanya orang barat dari orang Indonesia kalau pas naik taksi kan? Ini guyonan lama. Bagi yang belum tahu, kalau orang barat naik taksi tuh yang dilihat pemandangan di luar, tapi kalau orang Indonesia yang dilihat ya argometernya.

Lagi, apa bedanya orang Jepang dari orang Indonesia kalau soal makan dan kerja? Ini yang bikin lelucon malah orang Jepang asli loh… Kalau orang Jepang habis makan gak keringatan, tapi habis kerja keringatan. Nah, orang Indonesia kalau habis makan malah keringatan.

Nah, sekarang cerita belanja sepeda buat gowes.

Kalau orang luar sana mungkin pendekatan yang dipakai adalah kualitas produk dan kesesuaian dengan penggunaan. Kalau aku ya pakai pendekatan harga. Cukup gak duitnya?

Misalnya nih, aku buka situs Giant terus aku pilih tipe sepeda laki menurut level sport dan usage city maka akan nemu sepeda tipe Seek 3, harganya $620. Kalau kurs pakai Rp 13.300, jadilah Rp 8.246.000. Kepentok wis… gak makan sebulan.

Tapi mungkin ini bisa jadi obat. Ada yang bilang, sing penting pit-pitane ora opo merk pit lan piro regane.

Sip…. berbekal obat itu kemarin hari Rabu 15 Juni aku ke Solo Paradiso Bike sama anakku yang lain lagi.

Bagi yang belum tahu, ancer-ancer Solo Paradiso Bike ini ada di jalan Dr. Setiabudi belakang terminal Tirtonadi Solo. Kemarin si Livina dari proliman dekat stasiun Balapan mengarah ke utara, melintas rel sepur lalu mau belok kiri ke jalan Dr. Setiabudi tapi terhalang palang karena proyek galian. Akhirnya bablas ke jalan  sisi utara terminal. Ambil kiri ngarah ke barat lalu ambil kiri langsung di jalan sisi barat terminal. Nyampe alamat wis.

Solo Paradiso ada di sisi utara jalan.

Masuk toko lihat jejeran sepeda tapi sudah tidak shock lagi seperti waktu ke Rodalink kali pertama.

Mas, nyari MTB buat pemula.

Ow… yang ini Pak.

Si Mas nunjukin Giant XT, banderol 6 jutaan. Tipe ini laris banget loh Pak… bingits…

Wah, kalau gitu nyari yang agak kurang laris Mas… hehe…

Yang ini bagaimana Pak?

Si Mas nunjukin Giant XTC, banderol 8 jutaan.

XTC.JPGDibanding XT ini kalah laris Pak. Tapi cocok juga buat pemula.

Oke Mas, coba aku menata hati dulu.

Aku lantas duduk dan memandangi si XTC dari ujung setang sampai ujung belakang.

Dari sudut sana ada bapak-bapak mendekat.

Bagus itu Pak, kata beliau yang lalu kami berkenalan. Pak Sarjono dari Yogya. Naik kereta sengaja beli roadbike ke Paradiso.

Kalau beli sepeda, usahakan jangan baper ya Pak. Racun parah kalau bicara sepeda itu… Apalagi kalau sudah masuk komunitas, banyak racun bertebaran. Semula memang nyari sepeda sekedar buat olahraga, tapi kalau sudah konvoi, yang muncul kemudian adalah kompetisi. Tidak semua komunitas sih, tapi banyak yang begitu loh Pak… Kalau saya lebih suka nggowes sendirian saja Pak, meski kadang juga bareng teman-teman. Tapi prinsip yang harus dipegang adalah, kalau nggowes, hati mesti ditinggal di rumah. Jangan kemakan racun yang ditebar oleh orang lain.

Keterangan si Bapak diamini oleh mas yang jaga.

Begitu ilmu yang aku dapat dari teman baru. Matur nuwun sanget ya Pak… ilmunya mantaps.

Tapi, omong-omong Bapak ambil sepeda apa ini? Tanyaku sambil kepo ke nota di meja. Ada angka diatas 20 juta buat framenya.

Bla…bla….bla…. obrolan berlanjut dengan hangat. Benar adanya, pertemanan itu selagi positif sungguh menyenangkan. Banyak terselip ilmu dan pengalaman.

Oke, si Bapak sudah kondur balik ke Yogya.

Kembali ke XTC. Menata hati belajar menerima. Tapi rupanya mas yang jaga mulai menebar racunnya, hehe… guyon Mas.

Atau gini Pak. Sepertinya bapak ngelirik yang ini terus….

Mase nuntun si Talon.

Warnanya cocok di hati Mas. Ngedoff lagi. Soal rasa ini…

Kalau sudah hati, jangan diingkari Pak…

Racun itu dibanderol 12 jutaan.

 

Catatan:

Kalau pas promo, harga bisa diskon gede. Kalau gak promo masih bisa ditawar kok.

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s