Polygon Vander 20 Bermasalah

Ada masalah dengan Polygon Vander anakku.

vander_20_

nyomot dari situs polygon

Unit datang dua hari lalu, dipakai secara wajar. Tapi kemarin sore si Miqdad anakku mengeluhkan roda depan ngancing. Aku lihat ternyata rem cakramnya yang ngancing meski tuas rem (break lever) sudah dilepas. Aku perhatikan memang posisi cakram (disc brake) memang biasa saja dalam keadaan longgar, tetapi jadi agak melengkung gak wajar ketika tuas rem ditarik lalu ngancing gak mau balik. Aku tarik paksa pakai tangan baru mau balik.

rem ngancing

rem ngancing

Sekalian aku cek rem belakang. Settingan dari mas mekanik Rodalink Solo ternyata juga terlalu dalam. Brake lever ditarik maksimal baru ngerem. Bahaya nih buat anak-anak. Aku coba atur level kekencangan kabel rem, ternyata sudah maksimal, hadeuh…

Artinya bagian pengereman depan maupun belakang keduanya bermasalah.

Lalu aku telusuri sekalian bagian shifternya. Aku naikin sebentar lalu aku oper gigi belakang, gak ada masalah. Lalu gigi depan, lalu terjadilah…

gigi berapa

giginya berapa

Aku bingung, front chainweel atau gir depan ada 2 level tapi di bagian shifternya ada 4 langkah. Kok aneh ya…

Secara spek adalah begini,

  • Frame:   Alutech Suspension Frame
  • Front Fork:   Zoom Bravo Suspension Fork
  • Rear Suspension:   KS-20A
  • Shift Lever:   Shimano Tourney SL-RS36
  • Derailleur Front:   Shimano Tourney FD-TZ30
  • Derailleur Rear:   Shimano Tourney RD-TY21
  • Brakes Front:   Alloy Mechanical Discbrake
  • Brake Levers:   Plastic Lever
  • Pedals:   Plastic Body Pedal
  • Crankset:   Steel Crank, 38T
  • Bottom Bracket:   Steel BB
  • Chain:   KMC Z-33
  • Cassette:   Shimano Tourney MF-TZ20, 14-28T
  • Rim:   Alloy w/ steel spokes and alloy hub
  • Tires:   Kenda Kwick 20”x2.00”
  • Saddle:   Polygon Saddle
  • Seatpost:   Steel
  • Stem:   Steel
  • Handlebar:   Steel
  • Headset:   FSA TH-888

Kalau aku punya alat lengkap maunya bongkar sendiri biar puas. Tapi apalah daya, kunci dan obeng pun tak ada.

Oke, insya Allah sore ini aku mau ke Rodalink Solo bawa unit Polygon Vander 20 buat cek bagaimana after sales servicenya.

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

