Odol dan Jamur Kaca

Sudah hampir 3 tahun Livina menemani perjalananku. Alhamdulillah.

Selama ini lancar-lancar saja. Keluhan yang ada relatif kecil, semisal bensin yang cenderung berkurang ketika digunakan, atau setir yang terlalu ringan ketika selesai mampir makan siang, atau hal-hal kecil yang sudah sama tahu lah.

Atau hal-hal yang secara umur tak bisa dihindari, seperti ban yang semakin tipis, karet peredam yang semakin keras dan mulai meloloskan suara dari luar kabin, atau hal-hal yang disebabkan faktor U yang lainnya.

Tapi ada juga hal-hal yang terjadi karena tangan kita sendiri, semisal penyok karena adegan laga, atau gores karena tangan si kecil, spion lecet karena sering parkir mepet.

Tapi ada juga keluhan yang muncul karena partisipasi cuaca, misalnya kaca buram atau cat mulai kusam.

Sekarang bicara soal kaca buram.

kaca odolKala terang gak masalah, malam pun tak masalah. Tapi kalau malam lagi hujan baru terasa. Kaca ketempel kerak karena jamur. Tak kiro mung kulit sing jamuren… Jelas kambing hitamnya adalah air hujan yang menempel terlalu lama di kaca lalu mengering karena suhu anget, jelas bukan dari sebab yang punya ndableg gak pernah bersihin.

Aku tanya teman-teman soal jamur kaca.

Bersihin pakai bahan khusus Kang, beli aja di toko.

Bersihin pakai air mbako aja.

Pakai odol aja Kang.

Pakai shampoo rambut.

Pakai duit…

Yang jelas gak ada yang ngasih saran pakai metanol atau alkohol. Jangan kepikiran ini wis…

Dari semua saran yang masuk, aku pilih yang pakai odol. Soalnya pas mau bersihin sudah malam, juga nanti sekalian gosok gigi trus bobok.

Akhirnya aku pakai odol merk Pictadent, atursendirihurufnya.

Aku olesin pakai tangan aja merata di permukaan kaca depan si Livina.

Udah itu aku usapin sambil digosok-gosok lembut pakai kaos oblong bekas. Pokoke selama ini baju daleman tertentu yang udah gak layak pakai aku simpan buat alat kebersihan, soalnya 100% cotton, begitu katanya.

Aku lap secara searah, hal ini sangat disarankan oleh kakek waktu aku masih kecil. Mijit dan ngusap apapun harus searah ya Le…. semuanya kecuali satu perkara. Waktu itu aku belum begitu mudheng.

Udah itu aku siram.

Nampak bersih.

Tapi waktu kepakai pas hujan, eh… masih kelihatan jamur mengganggu pandangan ke depan.

Ada teman komentar, Pakai odol merk Sepsodent Kang…! sialakanaturlagihurufnya.

Mesti beli nih, soalnya bukan merk keluarga.

Terus aku pakai merk ini, aku lakukan hal sama. Hasilnya ternyata jauh lebih bersih dari yang pertama, meski tidak 100% bersih.

Mantaps.

Tapi jadi kepikiran, odol merk ini kok bisa bersihin kaca dari kerak jamur ya… malah jadi takut kalau dipakai ke gigi…

Bener gak sih…?

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

