Surat Keterangan Pajak Daerah

Pagi-pagi gini (jam 6:21) adikku ngucap salam dan menyerahkan selembar kertas. Katanya kemarin pas aku pergi sak keluarga ada tamu dari Samsat.

Nih lembarannya:

skpd

Hehehe…

Ternyata surat tagihan pajak untuk Yamaha Jupiter MX brojolan 2007, si Marun.

Aku baca di keterangan, mesti dibayar selambat-lambatnya 30 hari sejak diterbitkannya SKPD. Aku terima surat ini pagi ini tertanggal 05/10/2015 atau kemarin 04/10/2015, tetapi surat itu dicetak tanggal 15/09/2015. Gimana bisa 30 hari ya?

Tuh si Marun sudah lama laku. Seingatku pembeli dariku sudah menjualnya lagi. Nah, pembeli kedua itu pernah datang ke rumah buat minjem KTP. Sekali thok… habis itu aku gak tahu lagi gimana kabarnya. Mudah-mudahan semua baik-baik saja. Hingga pagi ini….

Memang sih, selama motor masih atas nama diriku, selama itu pula identitasku akan tersangkut ke sana. Di beberapa kasus, bisa berimbas ke pajak progresif ya…. atau di beberapa kota yang menerapkan sistim tilang dengan bukti foto plat nomer polisi, bisa keseret kasus memalukan tuh… atau kalau misalnya motor dipakai nyolong terus lari lompat pagar dan motor ditinggal di TKP…. bisa repot wis… bisa jadi terdakwa nih… Na’udzu billaahi min syarri dzalika

Jadi kepikiran nih buat ke Samsat untuk memblokir data motor.

Menurut informasi yang aku dapat dari teman, mudah sih caranya. Cuman selama ini dasar aku saja yang malas.

Kita cukup datang ke kantor Samsat, membawa KTP asli dan fotocopy. Konon di sebagian daerah mesti bawa KK juga ya…. kayak mau nambah daftar anak ae… oiya, meterai tempel 6rebu rupiah. Di ruang proses, kita bakalan dimintai keterangan perihal kendaraan yang sudah dijual, data diinput ke komputer buat mencocokan data terkini kepemilikan kendaraan.

Gak hafal nopol yang terjual? Gak masalah, cukup sebutkan nama dan alamat lengkap sesuai KTP, bisa.

Inti dari proses ini adalah, kita sebagai pelapor melepaskan hak atas kepemilikan kendaraan yang dilaporkan, yang berimbas pada data kepemilikan kendaraan, serta tidak bisa lagi membayar pajak kendaraan menggunakan data kita.

Kandidat blokir:

  1. Yamaha Jupiter MX Merah Marun.
  2. Yamaha Jupiter MX Hijau.
  3. Yamaha Byson Hitam.
  4. Piaggio ZIP Putih.

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s