Nostalgia Mudik Era 90an

Beberapa hari terakhir liat TV, acara mudik. Jadi teringat masa lalu. Saat masih lajang dan membujang. Merantau ke Jakarta. Nyari uang untuk siapa, gak jelas juga. Yang jelas, acara mudik jadi kenangan manis. Jadi, pas liat serunya acara mudik dari laporan man teman di TV, halah… ati ini jadi syahdu banget. Melow…

nyomot dari abiummi.com

nyomot dari abiummi.com

Aku lantas kumpulin para istri dan anak. Maksudnya istri 1 dan anak 8, yang 3 kan udah ninggal. Yang ninggal gak usah dikumpulin.

Terus aku duduk di kursi, lalu mereka duduk di bawah. Mirip santri mendongeng lah…

Yang aku masih ingat betul, ada satu periode mudik dimana aku kehabisan tiket bis langganan (kalau gak Raya, yo Muncul), terus mesti nyari tiket armada lain yang rute langsung Jakarta-Solo. Gak peduli mau Big Top, Executive, Bisnis, Ekonomi, atau kelas apa lagi…. Alhamdulillah…. habis semua.

Aku duduk ngecapruk di terminal Pulogadung. Kira-kira sekitar Ashr sampai tiba waktu sholat maghrib, aku sholat di masjid terminal. Jama’ sekalian qashar maghrib-isya’, aku baca agak jihar.

Habis sholat, berdoa minta jalan pulang sama Allah. Duh Gusti… aku terdampar di Jakarta.

Selesai berdoa, aku beranjak berdiri dan balik kanan…. Allahu Akbar…

Kaget aku. Ternyata ada yang ma’mum di belakangku. Pakai rukuh inventaris mushola. Masih muda. Di keremangan lampu mushola, nampak begitu mempesona. Hadeuh…

Tapi aku lewat ajah wis. Anggap godaan iman. Jaga hati wis…

Tapi pas posisi kami agak dekat, dianya nyapa duluan, e..eh…

Mas, tadi bacaannya enak banget.

Duh…. opo maneh iki…

Anu, Mbak…. biasa aja kali.

Biasa jadi imam ya, Mas.

Ah, enggak kok. Ya biasanya ya emang begitu, Mbak.

Lalu dalam sekejap, kami pun jadi akrab. Kami terus kembali duduk di hamparan lusuh tikar mushola. Lalu aku pun berani tanya,

Omong-omong Mbak kok sendirian, tujuan ke mana nih?

Oooh, mau ke Bandung Mas… Masnya sendiri?

Saya mau pulang kampung Mbak. Ke Solo, tapi kehabisan tiket bis. Bingung nih, mesti gimana?

Besok dicoba lagi aja Mas.

Bisa juga sih, tapi gimana ya. Saya tinggal di Cibitung, mesti bolak-balik Pulogadung. Macetnya itu loh Mbak. Susah diprediksi.

Iya sih, Mas. Atau Mas mau sedikit petualang?

Maksudnya, Mbak?

Nyoba aja ke Bandung.

Walah… maksudnya Mbak?

Maksud saya, Masnya coba estafet ajah. Masnya pakai rute: Jakarta-Bandung-Cirebon-Semarang-Solo.

Wah… Mbak. Ini ide yang patut dicoba. Tapi Mbak kok malah punya ide beginian?

Anu Mas, teman saya pernah begitu soalnya. Jadi saya ikut tahu… malah bisa dapat bisa AC terus loh Mas.

Terbayang gak jelas di kepalaku. Perjalanan yang akan aku tempuh nanti seperti apa. Omong-omong, aku ini kan pendiam, gak gaul, lugu, gak banyak pengalaman di jalanan. Ngobrol sama Mbaknya aja, ndhrodhog aku. Gemetaran. Mending ketemu preman (pensiun) wis…

Yah, anterin ke Mitra ya, butuh belanja nih… (tiba-tiba istriku nyolek pinggang)

Putus wis ceritane….

4 thoughts on “Nostalgia Mudik Era 90an

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s