Suzuki Address 110: Mbangun Tresno

Begitulah, wong tuwo sudah paring ujar-ujar, witing tresno jalaran soko kulino… Rasa cinta itu bisa tumbuh karena terbiasa.

Itulah yang sedang aku lakukan pada si gendhuk Suzuki Address. Meskipun yang lain juga aku perlakukan demikian.

Pilihan ini adalah hasil topo broto selama 2 bulan. Juga berkat bisikan dari para empu.

Mas Sucahyoaji bilang, untuk Address kok rasanya nggak semungil suzuki matik lainnya. Nah, masuk nih. Kalau dari awal yang nancep di hati adalah Nmax 150 kan karena ukurannya. Tapi secara fungsionalitas, lebih masuk ke Address. Meski gak sebongsor Nmax 150, tetapi buat bawa barang belanjaan lebih oke Address 110. Bahkan menurut salah satu komentar pengunjung blog ini: dari segi fungsionalitas, Address > Vario 150.

Lha, kata Mase: vote address. Anti mainstream. Nah, sejak aku pakai Piaggio Zip dulu itu ya anti mainstream. Kalau pas brenti di lampu merah sering jadi artis sensasional, jadi pusat perhatian. Mungkin Address gak akan seheboh itu lah. Tapi tetap gak mainstream wis. Masuk.

Juga beberapa penerawangan yang sudah ditulis disini.

Lalu…

yang jelas bukan yang ini

yang jelas bukan yang ini

Senin sore 8 Juni kemarin dia datang. Item warna pilihan istri. Terserah…. bagus juga kok. Gak terlalu ngejreng, meski gak se-elegan laburan warna edisi Eropa.

Kata tetangga, “Wah mipik lagi Mas…”

Kata bakul bensin, “Ngreyen maneh…”

Dan Mase bilang, “Wah akhirnya Address…”

Kata teman, “Mabruuk, Bro…”

Kata teman lewat whatsapp: إركب جديدا و عش كريما و مت شهيدا…

Buat semuanya: matur nuwun, jazakumullaahu khaira. Dan atas doanya, amien wa iyyakum.

Kembali ke judul.

Bahwa untuk sebuah produk, tentu ada kelebihan dan sekaligus kekurangan.

Secara subyektif, dia:

Gak ada ISS, tapi masih bisa ISIS….

Ban belum tubeless, langsung gembos bila kecubles…

Kata orang berikut ini juga jadi kelemahan (gak bagiku):

Salah merek, kenapa Suzuki. Untung aku gak fanatik merek tertentu.

Belum pakai LED. Motorku yang lain juga gak LED masih bisa nyinar kok. Dibilang gak keren ya biarin. Wong insinyure sampe botak sariawan kok, mosok masih salah juga.

Lampu utama masih di kepala, gak di tebeng. Gak keren. Buatku malah bisa lebih nunduk, lebih terjaga paparan sinarnya. Gak langsung ngarah ke pengendara yang berlawanan arah.

Belum ACG starternya. Kalau ini jadi kelemahan, maka semua motor selain yang ber-ACG jelek semua dong. Mobil aja sekalian.

Model terlalu biasa. Gak mainstream. Aku bilang, kholif…tu’rof.

Harga jual kembali jatuh. Lah, orang beli motor bukannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Aku bukan bakul motor.

Nah, dengan segala kelebihan dan kekurangannya itu, dia sudah jadi penghuni garasi. Bagaimanapun, harus mulai menumbuhkan kecintaan agar bisa mensyukuri nikmat. Menerima dia apa adanya. Bukan hanya senang karena kelebihannya, bahkan bisa bersabar dengan kekurangan. Lalu, bisa menjaga kecintaan agar tidak menjadi cinta gila yang berkembang menjadi sifat fanatik lalu kufur dengan kebaikan. Bahkan mengalahkan kecintaan kepada istri dan keluarga, dan lebih tinggi dari itu semua, yakni mengalahkan cinta kepada Allah dan RasulNya dan dalam kesungguhan menjalankan dienul Islam. Na’udzu billaahi min dzalik…

Jangan sampai karena rasa cinta yang membuta menjadikan orang lupa adab, lupa tata krama, lalu melanggar norma, menodai kehormatan sesama, bahkan menerjang larangan yang ditetapkan oleh agama.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Wahai Pemeliharaku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmatMu ke dalam golongan hamba-hambaMu yang shalih.

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرك وَشُكْرك وَحُسْن عِبَادَتك

Ya Allah, bantulah aku untuk mengingatMu dan bersyukur kepadaMu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepadaMu.

10 thoughts on “Suzuki Address 110: Mbangun Tresno

  1. Selamat🙂. Memang lebih baik mementingkan fungsionalitas saja. Kadang fasilitas yang diunggulkan orang lain tidak terlalu terasa manfaatnya untuk kita. Untuk Suzuki, unggul di awetnya, sudah pakai roler rocker arm juga.

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s