Simbul Kunci Pas Muncul Beberapa Saat di Samping Kanan Odometer Grand Livina

Muncul tanda kunci pas di samping odometer grand livinaku sesaat setelah di kontak ON, lalu hilang lagi.

Aku tidak tahu kapan munculnya tapi aku mengetahuinya kemarin secara tak sengaja saat aku menunggu istri dan aku iseng mutar-mutar kontak.

tanda itu

tanda itu

Apa maksud tanda ini?

Apa tanda adanya kerusakan di bagian tertentu dan minta diservis? Tapi kan baru tanggal 17 Maret kemarin sudah diservis di bengkel resmi? Atau memang servisnya kurang bener sehingga muncul peringatan untuk servis (lagi)? Katakanlah, oleh komputer difaham mobil ini belum diservis. Servis yang dilakukan bengkel resmi kemarin dianulir oleh sistem.

Atau tanda ini memang muncul sesudah km tertentu, seperti model printer Epson yang setiap kali ganti cartridge mesti mereset printer lagi.

Ketika ingat sistem reset di printer, langsung terbersit di kepalaku, untuk mereset livina ini. Ketika Baleno dulu juga sempat error sistemnya, aku langsung melepas kabel accu selama 3 menit. Lalu aku sambung lagi dan kuhidupkan, normal deh… apa livina juga perlu diperlakukan begitu? Tapi kalau Baleno kan gak aku servis di bengkel resmi. Bengkel umum saja sudah oke. Tapi Livina kan baru saja ke beres….. nah piye jal…

lepas kabel accu beberapa menit

lepas kabel accu beberapa menit

Aku lalu menghubungi temanku. Wis opo-opo sambatku ya ke dia ini. Koneksinya memang luwas temenan. Lah dari dia masuk informasi, harus mereset kelistrikannya. Caranya sama dengan yang aku pikirkan. Hanya saja sebab yang memicu munculnya tanda ini dia juga gak tahu.

Yo wis, akhirnya kami ketemuan di satu titik di kota Solo. Langsung buka kap depan, lepas kabel accu, tunggu beberapa menit, pasang lagi. Beres….

Tapi yang masih, mengganjal. Kenapa muncul tanda itu?

Aku browsing di internet kok belum nemu.

Ada sedulur yang punya info soal ini? Bantu dong… kan pengetahuannya bisa bermanfaat bagi semua orang, bukan cuman aku….

Maturnuwun.

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

