Mobil FWD Dipakai Nanjak Terus Ndhangak

Nih, salah satu kekurangan penggerak roda depan yang aku rasakan sebagai pemakai derajat murni, alias gak mudheng urusan teknis.

Rabu kemarin aku dan bolo-bolo acara makan siang di Resto Kemuning, area kebun teh di daerah Karangpandan.

Selesai makan siang dan ngobrol-ngobrol, kami sekalian jalan, naik ke bagian tertinggi dari hamparan kebun teh itu.

ditinggal makan siang

ditinggal makan siang

Jalan yang mesti dilalui adalah tanjakan dan kelokan. Tikungan tajam bahkan hampir 360 derajat muternya didaki sambil nginjak pedal gas dalam dalam dengan posisi gigi persneling satu. Ditambah penumpang yang overload, orang dewasa 8 biji. Nekat tenan. Tapi penumpang coba aku atur, yang kurus di jok belakang, yang gemuk di jok tengah, aku yang berbadan sedang di jok paling depan sama sopir. Dan lagi hujan rintik-rintik yang menambah suasana haru… loh kok.

Nah, di saat nanjak itulah beberapa kali roda depan ngangkat dan muter kenceng, kehilangan traksi dan seliplah dia….

Rupanya sampai di sini kemampuan Grand Livina dalam bertoleransi menghadapi kenekatan manusia. Tapi menurutku, itu wajar.

Dari sisi beban, saat aku bersama istri dan anak-anak yang masih remaja dan kecil-kecil, gak nemui kasus ini. Artinya Grand Livina masih mampu menyerap beban dan meluncur dengan aman. Waktu itu situasi juga kurang lebih sama. Sama-sama habis makan dan hujan rintik-rintik.

sejuk

sejuk

Tapi, gimana-gimana juga, FWD memiliki kelemahan ketika melewati jalan tanjakan dalam level tertentu. Lepas dari kedigdayaan mesin dan ketrampilan driver serta garis nasib, hehe….

3 thoughts on “Mobil FWD Dipakai Nanjak Terus Ndhangak

    • Nah itu dia Mas, secara teknis saya gak begitu faham… tapi sepertinya LSD di Nissan baru dipasang pada mobil offroad ya… secara utilitas kan grand livina buat keluarga yang kalem-kalem aja… secara kenyamanan, saya masih milih ini ketimbang mobil lain di range harga yang sama

      • Jadi yang mengangkat memang cuma satu sisi saja? Kalau benar, berarti termasuk tinggi juga ya body roll resistancenya. Apa sudah ditambahi stabilizer?

        Kalau dari kata yang pakai datsun go+ yang mengalami masalah ban skid saat tanjakan. sebaiknya tekanan roda depan agak dikemposin biar yang napak lebih banyak. Entah bisa membantu atau tidak.

        Iya, kenyamanan faktor penentu juga. terutama untuk keluarga.

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s