Dari Baleno ke Grand Livina

Assalamu’alaikum

Ini nulis tentang kebutuhan kendaraan buat ane dan keluarga.

bysonAslinya ane ini suka naik motor. Cocok banget sama Yamaha Byson. Bodinya kekar, serasi dengan badanku yang keker-ringan. Bawaannya anteng dan gak mudah capek kalau diajak jalan jauh…. tapi itu buat sendirian. Ketika bicara keluarga ya bungkem si Byson.

Kalau mobil, selama beberapa tahun ini ane ngandalin rentalan saja. Toh kebutuhan buat jalan bareng sama keluarga juga jarang. Jadi kalau mau markirin mobil di garasi pastinya belum sebanding antara tingkat kebutuhan dengan biaya perawatan. Gak cucuklah….

Nah, beberapa waktu belakangan ini ternyata tingkat kebutuhanku terhadap kendaraan semakin tinggi. Buat ngantar anak-anak dan juga istri, lha wong mereka sering beda arah je…. Atau buatku sendiri kalau mau jalan-jalan bareng teman-teman. Begitulah….

balenoAkhirnya ada alasan buatku untuk meminang mobil. Kebetulan ada teman yang nawarin Baleno Next-G lansiran 2003. Bla…bla…bla….. akhirnya kupinang dia di November 2013 lalu. Bener ajjaa

Terlepas dari umur tuanya, ternyata si Baleno ini berlimpah fitur. Dan ane pun menikmati. Alhamdulillah, sejauh ini lancar terkendali. Syukur tak habis-habis.

Seiring waktu pula dan juga kelonggaran finansial -sengaja ane pakai istilah kelonggaran bukan kemampuan karena ane ini orang tak mampu, tapi Allah yang Maha Mampu- ane mulai mikir untuk meminang barang baru. Akhirnya Februari lalu alhamdulillah ane agak pede masuk ke dealer.

Adalah hari Rabu, 26 Februari ane ke dealer Suzuki di daerah Pabelan. Test drive Ertiga. Ane pakai puter-puter kota Solo sampai ke daerah Colomadu Karanganyar. Kemudian besoknya, Kamis, 27 Februari ane ke Nissan Solo Baru buat test drive Gand Livina sama Evalia. Sengaja ane tidak ke Toyota karena memang sudah sering pake Avanza rentalan, tidak juga ke dealer lain, takut galau.

JpegKetiganya ane test drive dengan cara berkendara yang agak berandalan. Bukan apa-apa sih, toh ane tetap lihat situasi dan kondisi, cuman ane pengin tahu “rasa” berkendara dari ketiga mobil itu. Satu hal yang tidak boleh dites….. Airbag. Hehe….. tak usahlah itu…

Singkat cerita, akhirnya, pilihanku jatuh ke Grand Livina.

Ada teman nyeletuk. Habis pakai sedan kok mau pakai MPV, yang Low lagi. Bagiku tak masalah sih, lha wong beli Baleno bukan karena sedannya, tapi duitnya. Hehe…

Secara teknis ane gak begitu faham kalau mau compare mobil antar pabrikan gitu. Yang kutahu hanya bagaimana rasa berkendara dan cocok pa gak dengan jenis kebutuhanku.

Terus terang ane sempat kecewa dengan Ertiga. Melihat iklan-iklan yang beredar dan pernyataan para petinggi Suzuki yang dimuat di blog otomotif, juga propaganda para pemasar produk, ketika secara langsung ane mencoba, kok tidak seperti yang di berita ya?

Dan juga sebenarnya ane sempat galau di antara pilihan Grand Livina atau Evalia. Evalia cocok banget buatku dan keluarga besarku, meski kalau semua anggota keluarga yang terdiri dari seorang istri dan semua anak-anakku mau diangkut tetap aja gak muat, hehe… Tetapi melihat luasnya cakupan penggunaan, Grand Livina yang lebih mengena.

Akhirnya hari itu juga ane mantap ambil Grand Livina 1.5 SV MT, tipe terendah. Mau kubayar sekalian, eh sama kepala tokonya gak boleh. Alasannya, mobil yang kupilih belum readystock. Subhanallah…. laa haulaa wa laa quwwata illaa billaahi…

Akhirnya sepakat dibayar 60 juta dulu. Sisanya nunggu barang siap. Kata kepala tokonya awal Maret diusahakan mobil akan siap. Ya sudah, gak papa…

Hari Juma’at, 7 Maret lalu mobil baru sudah kukendarai bersama keluarga, alhamdulillah, mudah-mudahan barokah. Dan sekaligus mencoba untuk merelakan Baleno yang terlanjur kusayang.

3 thoughts on “Dari Baleno ke Grand Livina

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s