Main air ya basah…. main jarum ya ketusuk. Naik motor ya (mungkin pernah) jatuh…

Assalamu’alaikum…

Pas nganggur Gan, gak ada kerjaan. Jadi ngetik nih.

Ane inget pernah ngalamin blaen, kecelakaan motor.

  1. Nabrak jatuh.
  2. Nabrak gak jatuh.
  3. Ditabrak jatuh.
  4. Ditabrak tidak jatuh.
ilustrasi

ilustrasi

Memang kecelakaan itu sebuah musibah yang sudah ada ketetapannya. Tapi paling tidak ane mau belajar, Gan. Belajar untuk jadi biker yang lebih baik. Lebih perhatian dengan safety riding lah… Soalnya kalau soal kesiapan motor, kelengkapan, dan lain-lain setahu ane sudah biasa beres gitu…

Si kebo yang ane tunggangin juga standar, Gan. Malah spion ane tukerin sama punya MX ijo ane, kan lancip tuh. Lebih lebar, bisa lebih leluasa ngeliat belakang. Pengalaman pribadi ane sih, Gan. Semua motor ane yang dulu juga gak ada yang ane bikin aneh-aneh kok… maklum ane ini anak kampung yang gak banyak gaul waktu mudanya.

Nah, soal kecepatan nih, Gan. Seinget ane, setiap kali ana ngalamin kecelakaan dengan segala jenis yang 4 itu pasti pas kecepatan rendah. Aneh gak, Gan… kecuali satu kali yang kecepatan tinggi, kira-kira 100 kpj.

Coba ane ketikin ya…

Ane pernah nabrak anak kecil, Gan. Ane gak jatuh. Si anak jatuh terguling-guling dan terjun ke jurang yang ada kalinya. Serreeem, Gan. Waktu itu ane lagi maen sama temen sekolah. Naek RC dan temen ane naek GL Max. Kejadian di daerah Kemuning. Kebun teh, Gan. Kami jalan pelan kok, paling sekitar 30-40 kpj, lha wong sambil asyik menikmati suasana, Gan. Pas lagi asyik-asyiknya, eh…. ada anak kecil nyelonong aja… dia main kejar-kejaran sama saudaranya di rumahnya. Nah, pas dia dikejar, lari deh ke luar pekarangan. Langsung melintas di jalan. Ane kaget banget waktu tu. Gak sempet ngerem. Jedhughhh….. nabrak deh. Ane langsung brentiin tuh motor, ane pinggirin. Ane lihat si anak jatuh nggelinding ke bawah. Ane kejar… tapi mrucut, Gan. Si anak sudah keburu kecebur jurang. Ane ikut njebur. Si anak ketangkep, langsung ane angkat dari air. Untung si anak gak papa, cuman lecet dikit. Temen ane malah bengong aja dia…. Si ibu dari anak juga malah ngeduluin minta maaf sama ane, Gan. Ane juga minta maaf sama semua. Syukurlah urusan gak bertele-tele.

Pernah juga ane ketabrak, Gan. Waktu itu pulang sekolah. Di depan masjid Kotabarat Solo, Gan. Ane yakin nyante waktu itu. Paling juga 40 kpj. Naik RC kesayangan. Ane ditabrak dari belakang. Lumayan Gan, masuk rumah sakit.

Pernah juga nabrak Suzuki Katana loh… pas waktu itu di jembatan Jurug. Motor ane habis ganti seker dan ring seker juga. Jadi reyen lagi. Pastinya gak kenceng kan.

ilustrasi

ilustrasi

Pernah juga ditabrak Carry di bundaran monumen Pers Solo. Waktu itu malah boncengin istri, Gan. Bonyok kami berdua. Pas bundaran mana bisa kenceng, Gan.

Yang kenceng ane inget cuman sekali doang. Nabrak seorang Bapak Guru di jalan Lawu Karanganyar. Untung cuman motor dua-duanya yang bubrah ra karuan. Ane cuman lecet dikit dan mesti merelakan jaket baru dan celana baru bolong-bolong beradu aspal. Si Bapak juga cuman keseleo. Alhamdulillah… urusan juga langsung selesai. Polisi yang ada di situ juga mempersilakan kami menyelesaikan sendiri urusan kami. Waktu itu polisi memang masih banyak yang perhatian gitu…

Dan alhamdulillah-nya. Kalau ane pas jalan jauh dengan kecepatan tinggi di luar kota. Sampe sekarang aman-aman aja, Gan. Doanya ya, mudah-mudahan dikasih selamat terus sama Allah…. Amien.

Nah, kalau MX maroon ane beberapa hari lalu dipinjem temen. Pas hujan, dianya mau betulin mantel, eh… hilang kendali. Motor loncat keluar jalan. Jatuh deh…. gores deh motornya. Gak papa, emang si maroon aku sediain buat dipinjem-pinjem temen kok. MX ijo juga silakan dipinjem-pinjem deh… Kalau si kebo jangan dipinjem…!!!

Tapi si maroon sudah ane jual ding. Bukan karena mitos atau takayul. Tapi memang karena nurut ane tuh motor sudah gak nyaman dipake, Gan. Kasihan yang minjem entar pada gak nyaman dan aman lagi. Masa motor gak enak dipinjemin ke orang… gitu aja.

Trus, ane kata dalam hati, Gan:

Mau kenceng mau pelan, asal kita sudah hati-hati dan waspada, gak main sruntul… gak main hp sambil berkendara. Berdoa sebelum naik dan sepanjang perjalanan. Dan berkendara bukan mau hura-hura, tapi sekedar berikhtiar menjalani tanggung jawab kehidupan. Kalau masih tetep kecelakaan, ya… sabar saja. Istirja’  dan minta tolong kepada Allah agar menjadi kebaikan bagi semua.

Jadi enaknya naek motor tuh betot gas pa adem ayem ya?

Agan juga pernah jatuh? Ngalamin kecelakaan? Pas kenceng apa pas nyante? Bagi cerita dong, Gan…

monggo... serius boleh, lucu juga boleh

