Yang Tertib Yang Terabaikan

Daripada bawa-bawa uang kemana-mana, mending mampir dulu ke bank. Begitulah, siang ini tadi, sekira jam setengah tiga sore, aku lewat daerah Klumprit, Sukoharjo. Ada BRI cabang pembantu. Aku mampir saja. Masuk, isi struk setor, eh Pak Satpam membantu menyiapkan nomer antrian. Dapat A105. Ada 1 orang yang duduk ngantri selain aku. Isi struk selesai, aku lantas duduk di kursi antrian.

Bapak, HPnya ketinggalan di meja form…. pak Satpam mengingatkanku berbarengan dengan mbak CS yang posisinya berhadapan.

Baca lebih lanjut

Setahun Pakai Grand Livina

hehe….belum sempat

yang jelas ngganjel

saat kecepatan rendah dan belum sempat turunin gigi, ada efek njut-njutan seperti gigi kendor yang beradu. tidak aku alami di Baleno maupun Innova 2005, bahkan di Avanza New dan Getz 2005. kluthuk…kluthuk…kluthuk…ngono iku.

kabin relatif berisik.

jok pilotnya gak bisa dinaik-turunkan, cuman maju mundur.

kipas ac di level 1 sudah kenceng dan suaranya itu loh…ngganggu. tapi bisa diganti dengan resistor yang agak besar tapi di beres nissan kena charge beberapa lembar merah, hehe…

kalau lewat poldur, tutup bagasi belakang suka lompat-lompat, suaranya gemblodhak… harus ditindih sesuatu atau jok belakang didhaglagne pol…bisa nekan.

kalau bawa bekal camilan atau minuman, bingung nyari tempat. yang dipintu cuman muat buku tipis ukuran komik legenda naga.

yang lain nyusul

yang cocok:

muat banyak penumpang dengan desain rendah macam sedan.

buat manuver lumayan nggigit. kebisaan belok tanpa injak pedal rem…. ndlujur thok…

jok 3 dan 2 bisa rata lipatannya. lumayan bawa barang bisa maksimal.

lainnya nyusul

nulis sambil ngepot-ngepot…

Jpeg

Ertiga, Banyak Yang Muji

Ini pengalaman pribadi yang subyektifitasnya pasti tinggi.

Waktu aku mau milih antara Ertiga dan Livina dulu itu, hasil akhir milih Livina. Pertimbanganku sederhana, bukan masalah spek atau teknis macam-macam. Semua pertimbangan adalah sepihak dan nurut kebutuhan aja. Apalagi cuman nyoba test drive yang sebentar doang. Jadilah penilaian spontan tetapi tetap berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Kesan pertama begitu menggoda….

ini bukan ertiga ya..

ini bukan ertiga ya..

Baca lebih lanjut

Livina Ketabrak Jupiter, Traktir Sisan….

Assalamu’alaikum…

Lama gak nulis.

Tanggal 6 lalu si Livina dihantam biker…

Begini,

Selesai acara rutin istriku, kami mau belanja di SGM Slamet Riyadi. Aku ngajak seorang teman buat rame-rame.

Livina aku parkir di sisi utara jalan, dan memang di situ jadi lahan parkir resmi. Kami keluar mobil dan bersiap mau nyeberang jalan. Terlihat sebuah sedan mau ikut parkir berjeda 1 mobil di sebelah kiri si Livina. Sedan sudah beri lampu isyarat dan tukang parkir sudah memberi aba-aba. Tapi terlihat di belakang sedan ada Jupiter Z burhan ambil jalur kiri sedan. Melaju agak kencang, dan nyelonong melewati tukang parkir. Sekejap kemudian ban depan motor nyodok pelek kiri depan sedan yang sedang nyerong kiri. Brak… sedan berhenti seketika. Motor dan si biker terpelanting mental ke kiri. Sraaakk… meluncur nyerong kiri depan dan brakkk…. nyodok bumper kiri belakang si Livina.

Baca lebih lanjut

Nostalgia

Assalamu’alaikum

Nostalgia, Gan…

Dulu waktu masih bujang, ane demen banget sama Suzuki. Mulai A100, terus Suzuki Crystal, sama Suzuki RC100…. semua-mua mantap deh.

A100 punya Bapak. Crystal punya teman. RC100 punya ane tapi dibeliin ortu juga…hehe.

Bandel, kuenceng lagi…..pada zaman itu sih…

Bandelnya itu yang bikin ayem tentrem….

Yang masih inget soal RC 100. Baca lebih lanjut

Angka Kecelakaan Lalulintas Meningkat, Kenapa?

Assalamu’alaikum…

Seringnya ane di jalan menjadi salah satu sebab sering pulanya ane ngeliat kecelakaan lalulintas. Wis pokoke sekarang ini jalur pendek Karanganyar-Solo sudah bujubuneng padetnya.

Padet sih gak seberapa, tapi ruwetnya itu loh… banyak yang alay…

Kembali ke judul, secara subyektif tanpa data statistik awam doang… kendaraan yang sering terlibat adu fisik di jalanan dengan efek ringan gores lecet sampai bawa nyawa adalah si matic yang bawa cewek-cewek atau motor sport entah bebek atau pejantan, wong Jowo bilang pit montor lanang.

Secara awam, si cewek bawa matic kayaknya sih karena gak prigel aja bawa motornya. Gak ada bekal riding skill. Belum matang secara emosi dan secara fitrahnya perempuan lebih ke perasaan dalam berkendara daripada gunakan akal untuk berhitung soal faktor keamanan. Boleh dieyel… Baca lebih lanjut

Aksi Lempar Mobil Dengan Kerikil, Ajaran Siapa?

Assalamu’alaikum

Hari Sabtu, ane jalan-jalan sama teman ke Kemuning. Ngunjungin teman sekalian mau buka puasa di Resto Kemuning, di daerah perbukitan teh di daerah kecamatan Karangpandan.

Lha waktu mobil yang kami kendarai menapaki jalan mendaki di daerah Nglorog, pas di belokan, mobil kami dilempari kerikil. Nengok ke arah suara, e…eh… di pinggir jalan berjejer anak-anak kecil seusia sekitar kelas 5 atau 6 SD. Kalau gak salah itung ya ada 4 atau 5 anak. Masing-masing nggenggam kerikil di kedua tangan. Masya Allah….

Mau marah, mereka masih anak-anak. Mau diem, kok ya segitunya aksi mereka. Sekilas ane perhatiin, disekitar itu ada beberapa orang tua, tapi ya… diem cuek gitu. Baca lebih lanjut

Dari Baleno ke Grand Livina

Assalamu’alaikum

Ini nulis tentang kebutuhan kendaraan buat ane dan keluarga.

bysonAslinya ane ini suka naik motor. Cocok banget sama Yamaha Byson. Bodinya kekar, serasi dengan badanku yang keker-ringan. Bawaannya anteng dan gak mudah capek kalau diajak jalan jauh…. tapi itu buat sendirian. Ketika bicara keluarga ya bungkem si Byson.

Kalau mobil, selama beberapa tahun ini ane ngandalin rentalan saja. Toh kebutuhan buat jalan bareng sama keluarga juga jarang. Jadi kalau mau markirin mobil di garasi pastinya belum sebanding antara tingkat kebutuhan dengan biaya perawatan. Gak cucuklah…. Baca lebih lanjut

Solider apa Sembrono?

Assalamu’alaikum

Kemarin ngeluyur lagi, Gan.

Ambil anak ane yang lagi liburan sekolahnya.

Perjalanan dari Surabaya ke Karanganyar, belah gunung Lawu, Gan. Pas di ruas jalan antara Magetan-Sarangan ada adegan begini:

solider

Tahu deh,

Solider, atau sembrono ya?

Akhirnya ZIP Ane Ada Plat Nomernya

Assalamu’alaikum.

Jum’at tanggal 15 Februari 2013 lagi nganter istri ke Solo. Eh jam 14:37 Nokia E6 ane getar geli. Ane liat dilayar, Skuterindo lagi ketok-ketok layar minta diangkat.

Ha…

Pak, STNK dan plat nomer kendaraan anda sudah siap…

Akhirnya….

Alhamdulillah….

Setelah 2 bulan ane nunggu. Nongol juga…

Inget, ane ajuin pesanan tuh Piaggio tanggal 17 Desember 2012. Trus ane bayar COD tanggal 19 Desember dirumah.

Jadi motor bodong selama 2 bulan kan, Gan? Trus BPKB dan faktur kapan? Sama mbaknya dibilang kira-kira sebulan lagi. Deuh…

Soal plat nomer nih.

Yang depan gak enak diliatnya, Gan. Ada dudukan khas untuk Indonesia, tapi terlalu nonjol pa nongol gitu. Ya uda ane copot sekalian, Gan.

Plat langsung ane tempelin saja di dudukan bautnya. Diganjal sesuatu gitu biar kenceng gak pletat-pletot…

Gini deh…

agak kasar karena ada sesuatu dibalik platnya

agak kasar karena ada sesuatu dibalik platnya

oke juga kan... nurut ane

oke juga kan… nurut ane