5 Bulan Pakai Honda Jazz RS 2009

Sudah sejak bulan 5 yang lalu aku kandangin sekenan Jazz RS matik akte kelahiran 2009. Iseng-iseng buat kado atas kehamilan istri untuk anak yang ke-13, alhamdulillah… buat penyemangat begitulah…

gak bakalan muat

(cerita di gunung gambar di laut) gak bakalan muat satu mobil

Waktu itu aku lagi ngantar anak-anak dan istri refreshing ke gunung pakai Stream item kesayangan. Seharian seru-seruan sama anak-anak dan istri yang lagi hamil muda, hehe…

Nah, sambil merhatiin anak-anak yang lagi lepas lari-lari di persawahan sisi jalan Cemoro Sewu, aku dan istri ngobrol ngalor ngidul mulai kehamilan dan sampai urusan mobil. Sesekali pengin ngerasain mobil kecil, hehe… Emang sih, selama ini milih mobil memang yang ukuran big familiy. Tapi lama-lama kerasa juga, segede apa pun mobilnya, selagi bukan bus atau truk, gak bakalan muat juga. Akhirnya ada titik balik, kenapa gak sekalian nyoba miara mobil kecil…? Baca lebih lanjut

Iklan

Gowes Bocah

Kali ini aku gowes bareng anak-anakku yang masih kecil-kecil. Hari Jum’at aku punya ubahan jadwal rutin yang memungkinkan aku bisa ada waktu longgar buat keluarga. Mumpung longgar, aku tawari Brohim, Idad, Caca, untuk gowes pagi sambil nyari sarapan ke warung. Lha namanya anak-anak, kalau dengar makan di warung… langsung semrinthil.

Biasanya malas bangun pagi, jum’at itu pada rajin. Biasanya berat kalau disuruh subuhan tepat waktu, kemarin pada gasik-gasik, begitu pun ngatur kamar mereka. Ada fakta korelasi positif antara motifasi kesenangan dengan pembiasaan akan keteraturan hidup, tentu dengan batasan yang jelas dan kontrol ketat akan nilai-nilai loh, dalam hal ini Islam. Baca lebih lanjut

Antara Mountain Bike dan Road Bike

Semua yang akan kutulis adalah pengalaman pribadi.

Suatu ketika aku gowes ke daerah Sragen, dan mampir ke satu pesantren untuk temu kangen dengan ustadz di sana. Eh, ketika baru berhenti di depan pintu gerbang pesantren, ada bapak bapak yang lewat dan menyapa,

Mas, sepeda sampeyan itu salah. Rodanya terlalu besar (mungkin maksudnya lebar). Mestinya dikecilin tuh roda supaya ringan genjotannya.

Waktu itu aku pakai hardtail Specialized Pitch Pro ijo.

Di waktu lain, pas tanjakan di jalur sate landak Tawangmangu. Ada mas-mas naik roadbike nyalip dan neriakin aku,

Woi, salah sepeda woooi… Baca lebih lanjut

Gowes to Semawar Sedinding

Sebenarnya ini bukan awal, bahkan karena godaan sesaat. Mestinya mau eksplor alas karet daerah Kerjo thok thilll, tapi karena pesona roda berputar menumbuhkan keinginan untuk semakin berputar. Muter-muter to…

H-1 ngirim WA isinya kulonuwun ke seorang Ustadz sekaligus yang mbaurekso masjid Yusuf bin Muhammad Athiyah di Prayan Kerjo, untuk ndherek nitip parkir mobil sekaligus menawari beliau untuk gabung gowes. Tapi karena kesibukan beliau sebagai guru ngaji dan aktifitas keagamaan yang lain, jadinya gak ikut gabung. Akhirnya kami hanya nitip parkir dan gowes bertiga saja.

Hari H, kami berangkat dari rumah sekitar jam setengah tujuh pagi. Mampir sarapan soto di utara terminal Batujamus. Selesai sarapan langsung menuju titik titip. Ucap salam dan jabat tangan dengan sang Ustadz, kami lalu berangkat gowes diiringi doa dari beliau dan istri. Baca lebih lanjut

Gowes to Alaska

Sebenarnya ini bukan kali pertama. Tapi selalu ada keseruan baru tiap kali aku dan anakku trabas di rute ini. Selalu ada alternatif rute jalan setapak. Dan sampai gowes kali ini pun belum semua rute setapak terlewati.

Berawal dari rumah sengaja agak siangan sesudah sarapan. Dimulai dari rumah masuk jalan Jumapolo tapi cuman 2 km saja. Dari arah Taman Pancasila ke selatan sesudah MFA Resto n Steak atau sebelum toko bangunan Sumber Rejeki, kami belok kiri. Sebentar kemudian masuk rute persawahan dengan tekstur jalan tanah berbatu tapi moderat bahkan untuk anak kecil. Baca lebih lanjut

Gowes Yuk: Grojogan Jurang Jero

Berawal dari iseng iseng di google maps, nemu satu titik berlabel Grojogan Jurang Jero. Terus aku klik petunjuk arah dengan mode rute jalan kaki. Rute inilah yang aku pakai gowes kali ini.

Ngajak dua anakku, habis subuh seperti biasanya kami start dari rumah. Genjot santai sampai km 12 ambil kiri keluar jalur umum. Ini jalur tanjakan yang biasa aku lewati, pernah kutulis disini. Tapi kali ini ada tambahan fragmen dikejar anjing, hehe. Bonus.

01.jpg

jalur favorit

02.jpg

tanjakan favorit

Jalur tembus sampai jalan Matesih-Karangpandan. Kami belok kiri ngarah ke Karangpandan, tapi sekitar 200 meter keluar jalur ambil kanan masuk jalan bukit Pablengan. Ada papan ijo NU di kanan jalan. Ini jalur baru buat kami, semangat rasanya lebih tinggi. Gejala lumrah kan… Baca lebih lanjut

Pacaran Lagi

Beberapa hari lalu, aku kembali nengok Telaga Madirda, gak gowes tapi karena permintaan isteri.

Yah, mbok Ummi ini ditunjukin Telaga Madirda. Mosok cuman dapat cerita dan album gowes mulu. Begitu suara yang mampir di telingaku beberapa waktu yang lalu.

Oke…

Acaranya sendiri gak diagendakan, alias dadakan. Karena acara rutin di pesantren ada perubahan alias pulang awal, aku gak belok pulang tapi langsung lurus ke arah timur dari kampungku.

Mau ke mana Yah?

Katanya pengin tahu Telaga.

Oke…

Ya sudah, kami pun pacaran lagi.

Dengan setingan santai, kami ambil rute lewat Kampoeng Karet, Goa Sari, perempatan barat Jumog, dan seterusnya. Sengaja modus napak tilas biar isteri bisa mbayangin gimana kalau suaminya pas gowes. Kebayang betapa perkasanya sang suami. O iya, isteriku lagi hamil yang ke-13, Bro. Kabuuuur….. Baca lebih lanjut

Gowes Yuk: Green Village Yang Gagal Capai

Gowes Yuk: Green Village Yang Gagal Capai

Kamis awal Februari, aku dan Ismadi menjajal rute Wedi-Wonosari. Membaca google map ada Green Village Gedangsari atau Embung Batara Sriten.

Berangkat dari rumah jam 6 pagi santai dengan Stream ngikut rute google map. Dulu pernah ke rumah teman ini lewat jalur reguler Solo-Yogya tapi kali ini nyoba mbak google aja. Diarahkan lewat Sukoharjo Bayat Wedi, menyusuri jalan-jalan kampung dan persawahan, eh ternyata cepet juga nyampenya. Jauh lebih cepat daripada lewat jalur reguler Solo-Yogya. Santai poll cuman 1 jam, padahal lalulintas kampung pas rame sepeda onthel dan sepeda motor, anak sekolah dan pegawai baik kantoran maupun Sritek dll.

Sebelum sampai ke rumah teman yang diprogram jadi basecamp di masa mendatang, kami mampir sarapan dulu di warung soto bebek Mbak Win, jalan Wedi-Wonosari, lupa nanya alamatnya. Sebentar kemudian sesudah sarapan kami sudah sampai di rumah teman yang rumahnya agak masuk ke kampung di sebelah timur SMK Negeri 1 Gantiwarno kampus 2. Ngobrol sebentar lalu kami mulai gowes. Baca lebih lanjut

Gowes Yuk: Telaga Madirda Tembus Grojogan Sewu

Kamis terakhir di bulan Januari 2018 kemarin agendaku bersama beberapa orang teman adalah gowes asyik. Rute yang dilewati adalah Pesona Fragrance – Telaga Madirda, dilanjut nembus bukit cemara menuju pintu masuk kedua Grojogan Sewu. Sebenarnya aku pernah juga gowes rute Telaga Madirda nembus bukit cemara tapi tembus di jalur lama Tawangmangu. Nah, rute yang sekarang ternyata lebih ekstrim dari sebelumnya, tapi jelas mengasyikan.

Telaga Madirda, atau Tlogo Madirdo kalau penduduk setempat menyebut, berada di desa Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, masih di kawasan Gunung Lawu. Sebenarnya bukan telaganya yang menarik diriku untuk berkunjung ke sana, tetapi jalan menuju ke sanalah yang menarik perhatianku. Telaganya diapit oleh bukit-bukit kecil yang sebagian belum berpenghuni. Untuk mencapai kawasan ini, jalan yang mesti ditempuh adalah jalan beraspal yang sempit, naik tajam dan panjang lagi berkelok. Kendaraan bermotor mesti dijamin fit baru aman buat melahap tanjakan. Mobil berpenggerak depan dengan cc dibawah 2000 mesti ekstra hati-hati.

Mulai gowes. Baca lebih lanjut

Tutup Pelek Honda Stream (di)cungkil

Beberapa hari lalu aku dan seorang teman nyari barang bekas ke pasar klithikan Semanggi bawa Honda Stream yang baru kutebus.

Stream kami parkir di luar pasar dengan arahan petugas parkir. Lalu kami masuk pasar. Sekitar setengah jam kami selesai belanja. Waktu kami keluar pasar dan sudah di dekat Stream, tiba-tiba ada orang nawari kami tutup pelek Stream atau wheel cap atau tutup docking velg, gitu kali namanya.

Mas, butuh gak nih, tutup pelek buat mobilnya. Tuh mobilnya kan bolong pelek kanan depan. Mosok mobil bagus peleknya bolong. Si abang nawarin sambil tangannya menunjuk ke pelek kanan depan Stream kami yang kulihat memang bolong. Gak sempat ambil gambar. Baca lebih lanjut