Nostalgia

Assalamu’alaikum

Nostalgia, Gan…

Dulu waktu masih bujang, ane demen banget sama Suzuki. Mulai A100, terus Suzuki Crystal, sama Suzuki RC100…. semua-mua mantap deh.

A100 punya Bapak. Crystal punya teman. RC100 punya ane tapi dibeliin ortu juga…hehe.

Bandel, kuenceng lagi…..pada zaman itu sih…

Bandelnya itu yang bikin ayem tentrem….

Yang masih inget soal RC 100. Baca lebih lanjut

Angka Kecelakaan Lalulintas Meningkat, Kenapa?

Assalamu’alaikum…

Seringnya ane di jalan menjadi salah satu sebab sering pulanya ane ngeliat kecelakaan lalulintas. Wis pokoke sekarang ini jalur pendek Karanganyar-Solo sudah bujubuneng padetnya.

Padet sih gak seberapa, tapi ruwetnya itu loh… banyak yang alay…

Kembali ke judul, secara subyektif tanpa data statistik awam doang… kendaraan yang sering terlibat adu fisik di jalanan dengan efek ringan gores lecet sampai bawa nyawa adalah si matic yang bawa cewek-cewek atau motor sport entah bebek atau pejantan, wong Jowo bilang pit montor lanang.

Secara awam, si cewek bawa matic kayaknya sih karena gak prigel aja bawa motornya. Gak ada bekal riding skill. Belum matang secara emosi dan secara fitrahnya perempuan lebih ke perasaan dalam berkendara daripada gunakan akal untuk berhitung soal faktor keamanan. Boleh dieyel… Baca lebih lanjut

Aksi Lempar Mobil Dengan Kerikil, Ajaran Siapa?

Assalamu’alaikum

Hari Sabtu, ane jalan-jalan sama teman ke Kemuning. Ngunjungin teman sekalian mau buka puasa di Resto Kemuning, di daerah perbukitan teh di daerah kecamatan Karangpandan.

Lha waktu mobil yang kami kendarai menapaki jalan mendaki di daerah Nglorog, pas di belokan, mobil kami dilempari kerikil. Nengok ke arah suara, e…eh… di pinggir jalan berjejer anak-anak kecil seusia sekitar kelas 5 atau 6 SD. Kalau gak salah itung ya ada 4 atau 5 anak. Masing-masing nggenggam kerikil di kedua tangan. Masya Allah….

Mau marah, mereka masih anak-anak. Mau diem, kok ya segitunya aksi mereka. Sekilas ane perhatiin, disekitar itu ada beberapa orang tua, tapi ya… diem cuek gitu. Baca lebih lanjut

Dari Baleno ke Grand Livina

Assalamu’alaikum

Ini nulis tentang kebutuhan kendaraan buat ane dan keluarga.

bysonAslinya ane ini suka naik motor. Cocok banget sama Yamaha Byson. Bodinya kekar, serasi dengan badanku yang keker-ringan. Bawaannya anteng dan gak mudah capek kalau diajak jalan jauh…. tapi itu buat sendirian. Ketika bicara keluarga ya bungkem si Byson.

Kalau mobil, selama beberapa tahun ini ane ngandalin rentalan saja. Toh kebutuhan buat jalan bareng sama keluarga juga jarang. Jadi kalau mau markirin mobil di garasi pastinya belum sebanding antara tingkat kebutuhan dengan biaya perawatan. Gak cucuklah…. Baca lebih lanjut

Solider apa Sembrono?

Assalamu’alaikum

Kemarin ngeluyur lagi, Gan.

Ambil anak ane yang lagi liburan sekolahnya.

Perjalanan dari Surabaya ke Karanganyar, belah gunung Lawu, Gan. Pas di ruas jalan antara Magetan-Sarangan ada adegan begini:

solider

Tahu deh,

Solider, atau sembrono ya?

Akhirnya ZIP Ane Ada Plat Nomernya

Assalamu’alaikum.

Jum’at tanggal 15 Februari 2013 lagi nganter istri ke Solo. Eh jam 14:37 Nokia E6 ane getar geli. Ane liat dilayar, Skuterindo lagi ketok-ketok layar minta diangkat.

Ha…

Pak, STNK dan plat nomer kendaraan anda sudah siap…

Akhirnya….

Alhamdulillah….

Setelah 2 bulan ane nunggu. Nongol juga…

Inget, ane ajuin pesanan tuh Piaggio tanggal 17 Desember 2012. Trus ane bayar COD tanggal 19 Desember dirumah.

Jadi motor bodong selama 2 bulan kan, Gan? Trus BPKB dan faktur kapan? Sama mbaknya dibilang kira-kira sebulan lagi. Deuh…

Soal plat nomer nih.

Yang depan gak enak diliatnya, Gan. Ada dudukan khas untuk Indonesia, tapi terlalu nonjol pa nongol gitu. Ya uda ane copot sekalian, Gan.

Plat langsung ane tempelin saja di dudukan bautnya. Diganjal sesuatu gitu biar kenceng gak pletat-pletot…

Gini deh…

agak kasar karena ada sesuatu dibalik platnya

agak kasar karena ada sesuatu dibalik platnya

oke juga kan... nurut ane

oke juga kan… nurut ane

Inikah (salah satu) Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan di Indonesia?

Assalamu’alaikum…

Agan sekalian… Ane punya tetangga. Ibu guru sebuah TK dari organisasi Islam besar di Indonesia. Kemarin siang ini dia nyapu halaman, Gan. Ada daun jatuh, bungkus makanan kecil, buah rambutan busuk yang jatuh dari pohon di halaman rumahnya. Nah, kotoran itu dia giring ke arah selokan. Parahnya, bukan selokan di halaman rumahnya, tapi… Baca lebih lanjut

Biker Bujangan Dianjurkan Segera Menikah

Assalamu’alaikum…

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ ، وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

biker juga manusia

biker juga manusia

“Wahai kaum muda, barangsiapa di antara kalian telah mampu berkeluarga hendaknya ia menikah, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sesungguhnya ia menjadi perisai baginya.”

Ya kan, Gan… Baca lebih lanjut

Banjir Nasional, Usaha Mengubah Paradigma

Banjir di ibukota emang lain, Gan…

Jadi bukti emang air gak pandang bulu. Terjang semua. Gak peduli kaya miskin, tempat penting dan gak penting (ada loh tempat gak penting, mesti dihilangkan, tempat pelacuran misalnya). Jalan kampung juga jalan di kota. Rumah gedhek sampai gedongan. Semua-mua ya, Gan…

Sebagian orang sering berasumsi bahwa penyebab banjir ini karena curah hujan tinggi yang melanda.

Sebagian lagi bilang karena daya serap kawasan yang pegunungan yang biasanya mengelilingi kota (puncak misalnya) yang semakin melemah.

Dan tiap orang punya komentarnya sendiri.

Eh, di pihak lain, para politisi saling mencaci dan mencela hujan dan banjir karena pemerintah atau gubernurnya.

Lebih parah, ini juga ditambah liputan media. Coba dicermati, gak terasa kalau gak pelan-pelan… Baca lebih lanjut

Banjir Nasional, Sebuah Renungan

bareng menlu ngurusi banjir opo pamer?

bareng menlu ngurusi banjir opo pamer?

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. (Q.S An Nahl: 16)

Dan (penduduk) negeri telah Kami binasakan ketika mereka berbuat zalim, dan telah Kami tetapkan waktu tertentu bagi kebinasaan mereka. (Q.S Al Kahfi: 59)

Dan berapa banyaknya (penduduk) negeri yang zalim yang teIah Kami binasakan, dan Kami adakan sesudah mereka itu kaum yang lain (sebagai penggantinya) (Q.S. Al Anbiyya: 21)

Dan telah datang Fir’aun dan orang-orang yang sebelumnya dan (penduduk) negeri-negeri yang dijungkir balikkan karena kesalahan yang besar (Q.S. Al Haqqah: 9). Maksudnya: Umat-umat dahulu yang mengingkari nabi-nabi seperti kaum Shaleh, kaum Syu’aib dan lain-lain dan negeri-negeri yang dijungkir balikkan ialah negeri-negeri kaum Luth. Sedang kesalahan yang dilakukan mereka ialah mendustai para rasul.

Bukankah mengabaikan ajaran Islam dalam menyelesaikan segala urusan adalah termasuk mengabaikan para rasul?

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur? Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain? Dan apakah belum jelas bagi orang-orang yang mewarisi suatu negeri sesudah (lenyap) penduduknya, bahwa kalau Kami menghendaki tentu Kami azab mereka karena dosa-dosanya; dan Kami kunci mati hati mereka sehingga mereka tidak dapat mendengar (pelajaran lagi)? (Q.S.Al A’raf: 96-100)